Thursday 8 December 2016

3 Langkah Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Cara Membuat Blog Gratis
Dikarenakan artikel ini ditujukan untuk pemula maka saya merekomendasikan terlebih dahulu mengenal dan paham sebenarnya Apa pengertian dari blog? dan manfaatnya untuk apa saja?

Apa itu Blog?

Secara garis besar Menurut saya sendiri, blog adalah sebuah media online Dimana kita bisa menuliskan informasi dalam bentuk artikel atau teks dengan menambahkan beberapa audio visual sebagai pelengkap informasi yang kita sampaikan kepada netizen secara digital.

Tapi untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca beberapa referensi terpercaya misalnya di Wikipedia (Pengertian Blog) mengenai pengertian blog secara spesifik termasuk penjelasan manfaat atau fungsi dari blog kita sendiri.

3 Langkah Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Baiklah kita anggap saja kalau Mas gan sudah paham apa arti dari blog, dan sekarang kita masuk ke materi pembahasan inti yaitu Bagaimana cara membuat sebuah blog hanya dengan beberapa step singkat saja, yang jelas kita buatnya yang gampang-gampang aja ya gan, ikuti langkah-langkah berikut:
Catatan: sebelumnya persiapkan dulu sebuah akun google (gmail) kalau belum punya silahkan baca Panduannya sudah saya buatkan di artkel Membuat Akun Google untuk Login Gmail dan Google Drive.

Pertama, buka alamat www.blogger.com.

buka alamat blogger
a. buka alamat blogger

Kedua, Login menggunakan akun gmail punya mas gan, dikarenakan mas gan baru pertama kali masuk ke blogger, maka nanti akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah, pada halaman tersebut mas gan diminta untuk menentukan profil blogger, apakah akan dikaitkan dengan akun Google Plus atau hanya membuat profil blogger saja supaya lebih cepat

profil blogger
b. membuat profil blogger. Silahkan pilih "Buat profil Blogger terbatas"
nama pengguna blogger
c. Masukkan nama pengguna blogger: misalnya "admin" atau gunakan nama mas gan sendiri
Setelah itu klik Lanjutkan ke Blogger, untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Ketiga, Mulai membuat blog baru dengan menekan tombol buat "Blog Baru" mengisikan "Nama Blog" dan "Alamat Blog"(untuk alamat blog usahakan jangan sampai pernah digunakan oleh orang lain, karena jika ternyata alamat yang mas gan sudah dipakai orang lain maka akan terjadi penolakan atau blog dengan alamat tersebut tidak bisa didaftarkan) dengan ciri ada tanda seru merah di bagian kanan kotak pengisian alamat blog.

buat blog baru
a. Tombol buat Blog Baru
judul dan alamat blog
b. Isi Judul dan Alamat Blog
dashboard blogger
c. dashboard blogger

Penjelasan dan Fungsi pada Halaman Dashboard Blogger

Gambar yang bisa mas gan lihat di atas itu merupakan halaman dashboard blogger, pada dashboard blogger terdapat menu-menu dengan keterangan singkat sebagai berikut:

No. 1 Entri Baru, digunakan apabila mas gan akan membuat artikel (post) baru

No. 2 Laman, Hampir sama dengan Nomor 1 tetapi ini untuk sebuah halaman bukan post. Ingat Laman dan Post itu berbeda karena sebuah laman biasanya sering digunakan atau diisi dengan informasi dari blog mas gan itu sendiri, misalnya : membuat laman Kontak, Laman Tentang dan lainnnya.

No. 3. Tata Letak, digunakan untuk mengatur posisi dari widget (Drag and Drop) memindahkan satu komponen widget dari satu posisi ke posisi lain.

No. 4 Template, digunakan untuk mengedit atau mengganti template. Mas gan bisa memilih tipe editor mana yang akan digunakan :

a. Sesuaikan (rekomendasi untuk pemula) karena dengan menggunakan tipe editor template seperti ini jauh lebih mudah dilakukan oleh para pemula karena tidak diharuskan mengerti kode-kode html dan css

b. Edit HTML, digunakan oleh mereka yang sudah mengerti CSS dan HTML saat mengedit template blog.


Sampai saat ini, harusnya mas gan sudah bisa membuat blog tentunya apabila tutorial 3 Langkah Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dibaca dan dipraktekan secara seksama tanpa ada yang terlewat.

Pada keterangan menu  yang ada pada dashboard blogger sengaja Juragan Gugle hanya jelaskan beberapa poin pentingnya saja, karena saran saya sebaiknya fokus terhadap membuat Artikel sebagus mungkin.

No comments :

Post a Comment